METODE DIROSA
D
I
S
U
S
U
N
Oleh:
Nama
: DESI SILAPURNAWASIH
Prodi : PAI
Jurusan : Tarbiyah
Dosen pengampu : Sodikin, M.A
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
GAJAH PUTIH TAKENGON ACEH TENGAH, ACEH
2013/2014
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut
nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, penulis mengucapkan puji dan
syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya,
sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya, makalah
ini berjudul “METODE DIROSA”. Selanjutnya
shalawat teriring salam senantiasa di alamatkan kepada junjungan Nabi Besar
Muhammad SAW yang telah membawa umat manusia dari alam kejahilan ke alam yang
berpengetahuan.
makalah ini di susun untuk
menyelesaikan studi pada jurusan Tarbiyah
Program Studi PAI pada STAIN Gajah Putih Takengon Aceh, namun dalam
penyusunan makalah ini penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, namun
demikian berkat bantuan dan bimbingan Bapak
dan Ibu Dosen yang selalu
memberikan arahan, bimbingan dan nasehat sehingga makalah ini dapat terselesaikan.
Akhirnya penulis
menyerahkan diri kepada Allah SWT sehingga makalah ini dapat
dilanjutkan dan dengan rahmat serta hidayah-Nya kiranya makalah ini merupakan
karya yang diridhoi-Nya Amin Ya Rabbal’alamin.
Takengon, ………………2013
M
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Kata Pengantar.................................................................................................... i
Daftar Isi.............................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang............................................................................ 1
B.
Rumusan Masalah....................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Metode Dirosa.......................................................................... 3
B.
Jenis Program............................................................................ 4
C.
Keunggulan Program Dirosa..................................................... 5
D.
Target, Alokasi Waktu dan Biaya............................................. 5
E.
Tujuan Dirosa............................................................................ 6
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan................................................................................. 7
B.
Saran .......................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA
BAB
1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dirosa mempunyai kepanjangan dirasah orang dewasa
yang kita temukan dalam metode pembelajaran Al - Qur’an. Dan adapun dirosa
adalah dibaca, ditunjuk, disimak dan diulang.
Adapun tujuan membuat makalah ini untuk mempelajari mengulangi
pembacaan Al - Qur’an, sehingga dapat memberikan kemampuan kepada kita agar
mampu membaca Al - Qur’an dengan baik, lancar, dan benar dengan kaedah ilmu
tajwid.
Makalah ini berfungsi Untuk memaparan metode dirosa
sehingga kiranya kita dapat meningkatkan
mutu dalam membaca Al - Qur’an dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Dalam
makalah ini terdapat berbagai pembagian, bab satu terdapat pendahuluan dan bab dua pembahasan
dan bab tiga penutup.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apakah
kepanjangan dari dirosa?
2. Apakah
yang dimaksut dengan dirosa ?
3. didaerah
manakah dirosa mulai berkembang?
4. Apakah
keunggulan dari program dirosa?
5. Sebutkan
jenis - jenis program dirosa ?
6. Apakah
tujuan dari dirosa ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Metode
Dirosa
Metode pembelajaran
“Al - Qur’an atau metode dirosa merupakan sistem pembinaan islam berkelanjutan,
di awali dengan belajar Al - Qu’ran”.[1]
Panduan baca Al - Qur’an pada metode dirosa disusun tahun 2006 yang
dikembangkan oleh wahdah islamiyah gowa. Panduan ini khusus orang dewasa dengan
system klasikal 20 kali pertemuan.
Buku panduan metode dirosa lahir dari sebuah proses panjang, dari sebuah perjalanan
pengajaran Al - Qur’an di kalangan ibu - ibu yang dialami sendiri oleh pencetus
dan penulis buku tersebut. Telah terjadi proses pencarian format yang terbaik
pada pengajaran Al - Qur’an di kalangan ibu - ibu selama kurang lebih 15 tahun
dengan berganti - ganti metode, dan akhirnya ditemukan satu format yang
sementara dianggap paling ideal, paling baik dan efektif. Yaitu memadukan
pembelajaran baca Al - Qur’an dengan pengenalan dasar keislaman.
Panduan dirosa mulai berkembang di daerah Sulawesi,
Kalimantan, dan Maluku, yang dibawa oleh para Da’i, dirosa dirosa masuk
disemarang 3 juli 2011 program dirosa atau pengajaran membaca Al - Qur’an khusus orang dewasa
dengan system klasikal 20 kali pertemuan.
Secara garis besar metode pembelajaran Al - Qur’an
metode dirosa adalah baca – tunjuk – simak – ulang, yaitu Pembina membacakan
peserta menunjukan tulisan mendengarkan
dengan seksama. Kemudian mengulangi bacaan tadi. Teknik ini bukan hanya
dilakukan bagi pembacaan pembinaan tetapi juga bacaan dari sesama peserta
semakin banyak mendengarkan dan
mengulangi, semakin besar kemungkinan untuk bisa baca Al - Qur’an lebih cepat.
B.
Jenis
Program
1. Program
klasikal untuk pemula
Program
ini diperuntukan bagi peserta yang belum bisa membaca Al - Qur’an ( dari nol ),
atau yang masih terbata - bata belum benar
dalam pengucapan huruf (makroj) dan panjang pendeknya serta belum tartil
Al - Qur’an. Buku yang digunakan ; dirosa tambah pendukung ilmu tajwid.
2. Program
lanjut + ( tambah )
Program
ini diperuntukan bagi peserta yang sudah lancar
dalam membaca Al - Qur’an tetapi
masih terdapat kesalahan bacaan ( bacaan
belum sempurna sesuai dengan kaidah ilmu tajwid ), didukung dengan
pembinaan dasar - dasar keislaman serta materi hapalan yang ringan ( termasuk
do’a sehari - sehari ). Sesuai dengan Al - Qur’an dan sunah, buku yang
digunakan ; buku ilmu tajwid tambah buku akidah islam tambah buku ibadah
praktis tambah buku materi hapalan.
C.
Keunggulan
Program Dirosa
-
Dirancang khusus
orang dewasa
-
Metode yang
mudah dan cepat ( 20 kali pertemuan )
-
Biaya pendidikan
gratis.
-
Waktu dan tempat
fleksibel.
-
Pembinaan hingga
lancar membaca Al - Qur’an.
-
Bimbingan materi
dasar keislaman.
-
Sangat cocok
bagi pemula maupun yang sudah bisa membaca Al - Qur’an.
D.
Target,
Alokasi Waktu dan Biaya
1. Peserta
mampu mengenal dan mengucapkan huruf tunggal pada huruf hijaiyah sesuai
makroj makhorijul hurufnya. ( tempat keluarnya
huruf Al - Qur’an ). Dengan benar,
begitu pula huruf sambung.
2. Peserta
mampu memahami dan mempraktikan pelajaran
ilmu tajwid dasar
3. Peserta
mampu membaca Al - Qur’an surah Al - Fatihah
dengan benar sesuai kaedah ilmu tajwid.
Alokasi
waktu belajar 20 kali pertemuan (2,5 bulan )
Biaya
; buku; 20 ribu ( 2 buku)
E.
Tujuan
Dirosa
Program
DIROSA bertujuan untuk:
1. Memberikan
kemampuan kepada peserta ( remaja dan
orang dewasa) agar mampu membaca Al - Qur’an
dengan baik, lancar dan benar
dengan kaedah ilmu tajwid
2. Memberikan
pengenalan dan pengajaran tentang dasar - dasar keilmuan islam.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari
pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa metode dirosa dapat memudahkan
untuk mempermudah bacaan dalam Al - Qur’an. Dan dapat juga memberikan kita
kemampuan membaca dengan baik, lancar, dan benar dengan kaedah ilmu tajwid.
Kemudian system dirosa juga membina islam berlanjutan, diawali dengan belajar
Al - Qur’an hingga mampu memahami dan
mempraktekan pelajaran ilmu tajwid dasar.
B.
Saran
Demikain pasting
makalah ini mengenai metode pembelajaran Al - Qur’an metode dirosa semoga dapat bermanfaat bagi kita
semua terutama bagi saya sendiri. Dangan
selsainya makalah ini semoga dapat diselenggarakan di lingkungan umum. Dan apabila
ada kesalahan saya minta maaf dan saya harapkan kepada teman - teman agar
memberi keritikan kepada makalah ini supaya saya dapat memperbaiki semaksimal
mungkin. Sepeti makalah yang diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar